Halaman utama / Traveling / Satu Abad Stasiun Manggarai

Satu Abad Stasiun Manggarai

Happylife.id – Sobat muda, pasti kalian tak asing dengan kereta api. Walau mungkin tak akrab menggunakan kereta api, tapi pasti pernah dengar kata Kereta Api. Dulu, kereta api punya julukan si hitam namun saat ini warna dan tampilannya sudah lebih modis kekinian.

Tetapi sobat muda, saat ini kita tidak membahas si hitam. Kali ini mari kita bahas yang masih berkaitan dengan kereta api yaitu stasiun. Stasiun Manggarai tepatnya. Pernah dengar dong nama stasiun Manggarai? Stasiun yang terletak di Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Kotamadya Jakarta Selatan ini baru saja merayakan satu abad kehadirannya menjadi moda transportasi massal.

Stasiun Manggarai didirikan oleh perusahaan transportasi Belanda, Nederland Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) pada 1 Mei 1918. Kehadirannya menyusul tersedianya jalur kereta api Batavia – Buitenzorg alias Jakarta – Bogor yang lebih dulu dibangun pada 1873.

Bila sobat muda berkesempatan mampir kesana pada minggu ini, ada pameran kecil foto perjalanan pelayanan stasiun ini. Dari mulai foto hitam putih sampai berwarna. Dari hanya satu jalur kereta sampai kini ada tujuh jalur. Tapi jangan lama-lama ya karena pameran kecil ini waktunya sangat terbatas, loh.

Satu Abad Stasiun Manggarai (foto: Alui)

 

 

Pameran foto Stasiun Manggarai dari masa ke masa (foto: Alui)

 

 

Penumpang tetap padat walau hampir tengah malam (foto: Alui)

 

Sobat muda bisa merasakan dari mulai jaman jadul sampai kini sudah modern. Dulu, tidak ada gerai mini market dan café-café. Sekarang Stasiun yang memiliki status Stasiun Besar ini sudah bisa jadi meeting point sobat muda dengan siapapun. Bisa kongkow cantik sambil ngopi di gerai starbucks, Dunkin Donuts atau J-co, atau langsung makanan berat ala Kentucky Fried Chiken.

Sobat muda juga tak perlu susah bila hendak membeli barang-barang kecil ala toko kelontong karena disini sudah tersedia minimarket-minimarket. Gampangnya, perjalanan kita dengan moda transportasi super massal ini tidak mengkhawatirkan.

Selasar stasiun Manggarai dengan gerai-gerai cafe dan minimarket (foto: Alui)

 

Stasiun ini melayani dari mulai subuh sampai kira-kira pukul 00.00 Wib yang melayani ratusan ribu penumpang setiap hari dengan ratusan kali perjalanan kereta.

Stasiun Manggarai memang menjadi salah satu stasiun tersibuk di Indonesia. Kesibukan itu sangat terlihat pada subuh hingga jelang siang hari dan sore sampai malam hari.

Pengguna kereta tetap setia menanti. (Foto: Alui)

 

Harga tiket yang terjangkau, pelayanan yang semakin baik, dan tentu lebih cepat dibanding moda transportasi lain untuk jarak pendek. Maka tak heran bila kereta api menjadi andalan masyarakat dan ribuan orang rela berdesak-desakan.

Dinar, salah seorang karyawan di salah satu BUMN, sangat merasakan kehadiran kereta api. “Kalau naik mobil ke Bekasi bisa 2-3 jam tapi naik kereta cuma 1 jam”, ujarnya yang mengaku tak masalah dengan kondisi kereta yang padat. Baginya yang terpenting bisa segera bertemu keluarga “Terbayar dengan quality time bersama suami dan anak”, terangnya.

Sobat muda, moda transportasi massal saat ini menjadi salah satu ciri negara maju. Dan kehadiran kereta api dengan perkembangannya menjadi pendukung utama kemajuan sebuah negara.

Selamat hari jadi Stasiun Manggarai, tetaplah setia melayani. (lui/1602111048)

Tentang staff

Periksa Juga

Malam Gelap Jajanan Enak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *