Halaman utama / Viral / Semakin Hoax Semakin Viral

Semakin Hoax Semakin Viral

Happylife.id – Dewasa ini kita dibuat gelisah dengan maraknya berita bohong khususnya yang beredar di sosial media yang tentu bisa memberi dampak negatif dalam kehidupan nyata. Tak bisa dipungkiri, memasuki era media baru arus informasi sampai kepada kita dengan begitu cepatnya, apa yang terjadi di Amerika misalnya, dalam hitungan detik langsung bisa kita ketahui. Tentu ini positif, namun di sinilah kejelian dalam menyaring berita dan kemauan untuk cross check benar tidaknya dibutuhkan.

Menurut Dr Muhsin Labib, Dosen Filsafat STFI Sadra sekaligus Pengamat Sosial ”Saat ini, internet telah didominasi oleh media sosial. Facebook dan Twitter telah menggantikan blog. Youtube (vlog) telah menggantikan jurnalisme. Meme dan foto telah menggantikan konten dan tautan. Pamor media sosial semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna platform tersebut. Berbeda dengan internet dulu yang penuh dengan informasi dan pengetahuan. Sekarang Kita harus kampanyekan logika. Mengedepankan apa bukan siapa. Gunakan akal sehat. Akal itukan alat, aturan pakainya dengan logika. Era digitalisme yang membuat manusia diserbu oleh berita bukan sebaliknya

 

Saat berdiskusi dengan Dr Jalaluddin Rakhmat di kediamannya

Hoax atau dalam bahasa ilmu komunikasinya adalah post-truth yang menurut Dr Jalaluddin Rakhmat, Pakar Komunikasi sekaligus Anggota DPR RI dari fraksi PDIP, post-truth itu adalah satu kebohongan yang diulang berkali-kali dan disebarkan kepada sebanyak banyaknya orang sehingga akhirnya orang menerimanya sebagai kebenaran, itu teori Hitler bahwa yang disebut kebenaran itu kebohongan dikalikan seribu. Salah satu contoh berita bohong atau hoax yang meresahkan masyarakat indonesia saat ini adalah tentang masuknya tenaga kerja asing dari Tiongkok yang berjumlah 10 juta jiwa, kenapa ini bisa viral dan dipercaya masyarakat kita, padahal jika dipikirkan dengan akal sehat mana mungkin sih WNA datang sebanyak itu dalam waktu yang singkat, lewat bandara mana, berapa daya tampung pesawat satu kali angkut, berapa kali penerbangan dari Beijing ke Jakarta dalam satu bulan, tinggal dimana para imigran ini. Jakarta yang super padat ini jumlah penduduknya saja hanya sekitar 12 juta.

Menurut Ketua Masyarakat Indonesia Anti Hoax Septiaji Eko Nugroho, mengutip dari kompas.com ada lima cara mengenali berita hoax adalah.

  • Judul Provokatif
  • Alamat situs bukan dari situs terpercaya
  • Periksa fakta, dari mana berita berasal, siapa sumbernya? Apakah keluar dari institusi resmi seperti KPK atau Polri
  • Cek keaslian foto
  • Ikuti salah satu group diskusi anti hoax

Komunitas Masyarakat Indonesia Anti Hoax juga menyediakan laman data.turnbackhoax.id untuk menampung aduan hoax dari netizen dan sekaligus berfungsi sebagai database berisi referensi berita hoax.

Facebook kini juga telah mengeluarkan informasi tambahan dan bantuan di Facebook Help Center, termasuk tips mengidentifikasi hoax, berikut tipsnya

  • Selalu berpikir skeptis terhadap judul berita. Hoax sering kali menggunakan kata-kata yang catchy, bahkan berirama dengan huruf kapital dan tanda seru (!). Jika klaim mengejutkan ditaruh di judul bahkan terkesan tidak terpercaya, maka kemungkinan besar berita tersebut hoax.
  • Amati tautan. Sebuah tautan yang memiliki nama menyerupai sumber-sumber berita populer merupakan sebuah pertanda bahwa hal itu hoax. Banyak situs berita bohong yang menyerupai sumber-sumber asli dengan mengubah sedikit tautan mereka. Anda dapat membandingkan mereka dengan situs yang ditirunya.
  • Telusuri lebih dalam sumber berita. Pastikan berita yang Anda baca berasal dari sumber terpercaya, jika situs tersebut kurang familiar, coba cek bagian profil dari situs tersebut dan telusuri lebih dalam.
  • Format yang aneh. Berbagai situs berita bohong memiliki salah pengetikan atau desain laman yang aneh. Baca secara seksama jika kalian ingin melihat tanda-tanda ini.
  • Pertimbangkan fotonya. Berita bohong sering kali menggunakan foto atau video yang telah dimanipulasi. Terkadang, foto yang mereka gunakan asli, tapi keluar dari konteks. Kalian bisa menelusuri foto atau gambar tersebut untuk mengetahui kebenarannya.
  • Perhatikan tanggal. Berita bohong terkadang memberikan hal yang tidak masuk akal atau mengubah tanggal informasi mereka.
  • Memeriksa bukti. Lihatlah kolom penulis untuk memastikan akurasi mereka. Identitas samaran bahkan tanpa nama merupakan indikasi berita bohong.
  • Lihatlah laporan lain. Jika tidak ada situs berita lain yang melaporkan hal sama, itu bisa jadi sebuah kebohongan. Tetapi, jika berita serupa dilaporkan oleh beberapa media outlet yang kalian percaya, maka kemungkinan besar berita tersebut benar.
  • Apakah berita itu lelucon? Terkadang berita bohong sangat sulit untuk dibedakan dengan humor atau satir. Periksalah apa sumber yang kalian baca diketahui sebagai situs parodi, dan bagaimana nada pemberitaan yang mereka berikan. Mungkin semua hanyalah lelucon.
  • Beberapa berita sengaja dibuat untuk menipu. Cobalah kritis tentang apa yang kalian baca dan hanya bagikan berita-berita yang kalian tahu bisa dipercaya.

(Asf/1602111018)

Tentang staff

Periksa Juga

Es Kepal, Es Kekinian yang Viral

Happylife.id – Rasanya kamu masih kudet atau kurang up to date kalau belum mencoba jajanan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *