Halaman utama / Inspiring / Zubaidah Djohar: “Kalau Mau Maju, Kenali Potensi Diri”
Zubaidah Djohar sedang membacakan karya puisinya foto: Fitriyani HappyLife

Zubaidah Djohar: “Kalau Mau Maju, Kenali Potensi Diri”

Happylife.id – Hari kartini dimaknai kaum perempuan sebagai peringatan dan momentum sejarah di mana kaum perempuan menjadi setara dengan kaum laki-laki. Apa yang dilakukan RA Kartini dalam memperjuangkan kaum perempuan sangat berdampak hingga sekarang. Masih banyak tantangan untuk kaum perempuan Indonesia dalam mengisi kemerdekaan.

Ditemui dalam acara bertajuk Stand Up Against Corruption yang diadakan di @America Jakarta  (21/4/2018) bersama komunitas Perempuan Indonesia Anti korupsi (PIA) dan Ketua KPK Agus Rahardjo.  Zubaidah Djohar (ZD) penyair Aceh berasal dari tanah Minang. Pada Sabtu malam lalu ZD juga membacakan karya puisinya yang berbicara  akan realitas kehidupan dan  kritik sosial.

“ ….  usah di paksa tajamnya pena,  apabila hati tak berkehendak nyata.. Mari tanamkan melawan lupa, pemantik sejarah penjawab tanya… Melawan lupa pada kisah Bakpau dan Tiang listriknya.. Melawan lupa akan oli pembangunan dendang pemimpinnya… Melawan lupa  dalam gadai-gadai suara perayaan pemilunya… Melawan lupa pada Tragedi Air keras yang tak kunjung ditemukan pelakunya, tentang Munir, Marsinah, Wiji Tukul, Trisakti, Semanggi, Aceh, Papua, Talang Sari… Tentang Negeri yang buta pada kejahatan kemanusiaan.. tentang negeri yang kian jauh dari sungai peradaban, yang semakin merongrong urat nadi kehidupan …. “

 

Mengenal lebih dekat Zubaedah Djohar

Zubaidah Djohar (ZD) yang lahir di Bukit Tinggi , menjadi orang tua tunggal dari kedua putranya yaitu Fayyaz Mullana dan Fata Mallika. ZD menempuh Pendidikan dasar Ibtidaiyah Negeri dan Menengah (Tsanawiyah Negeri) di Bukit Tinggi, melanjutkan Sekolah Tingkat Atas (Madrasah Aliyah Negeri) di Kota Baru Padang Panjang, S1 Pendidikan di IAIN Imam Bonjol Padang dan S2 di Program Kajian Gender Universitas Indonesia.

ZD merupakan seorang peneliti, trainer kepemimpinan politik dan perdamaian, aktivis kemanusiaan dan relawan untuk Perempuan Anti Korupsi, ia telah menerbitkan berbagai tulisan yang berusaha untuk membongkar dampak konflik pada perempuan di Aceh. Serta peran perempuan dalam masyarakat kontemporer. ZD telah bekerja untuk program-program dalam pemberdayaan perempuan, anak dan kelompok rentan, membahas tema-tema lintas sektoral anti korupsi, kesetaraan gender, kelestarian lingkungan, dan  pembangunan perdamaian.

Saat ini ZD juga tengah mendampingi kelas menulis untuk Pemuda dan Perdamaian  di Komunitas “Creative Minority” di Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe Aceh. Sebagai pendiri  dan direktur dari pusat penelitian Timang, bekerjasama dengan para peneliti di Institut Aceh sejak tahun 2007 dan bekerja di pusat Internasional untuk keadilan transisi.

ZD sudah menulis beberapa buku puisi diantaranya ‘ Tentang Perempuan dan Perdamaian di Aceh ‘ pulang’ Melawan Lupa’  2012 (versi Bahasa Inggris : Building a Boat in Paradise, diterjemahkan oleh Heather Curnow, 2014), Ia mendedikasikan hasil penjualan buku puisi tersebut untuk membantu pemulihan penyintas konflik di Aceh.

ZD juga kasih pesan nih buat sobat muda yang ingin sukses, pertama banget itu “Kenali Potensi diri“, tuturnya. Setiap pemuda kan punya potensi, nah mengenali itu yang paling penting,  ketika tahu potensi kita apa, selanjutnya kita bergerak di situ, mengasah hidup dengan berkarya,  bekerja, dan melakukan apapun sesuai dengan potensi  kita.  ZD mengingatkan “Jangan lupa Indonesia ini kaya, bahwa Indonesia juga membutuhkan generasi muda yang optimis, positif dan kreatif, dengan begitu Indonesia tidak akan pernah mati itu yang paling penting”, jelasnya. “Generasi muda harus bersama-sama dengan yang tua melalui kolaborasi yang positif“, tutupnya.

V3/1602111029

Tentang Andi Saefudin

Periksa Juga

Siapa Bilang PNS Tidak Bisa Menjadi Novelis Hebat

Dipandang aneh karena sering berbicara sendiri, wanita ini menunjukan kemampuannya, ya… dia Risa Saraswati, wanita …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *